Email
Password (?)

Rabu, 25 Januari 2012

Mengadministrasi Server dalam Jaringan

Untuk mengatasi agar masing-masing user tidak dapat menyimpan data melebihi kapasitas yang diizinkan, maka seorang administrator perlu menerapkan pemberian disk quota pada masing-masing user tersebut. Dengan penerapan disk quota ini dapat diatur pembagian quota masing-masing user sesuai dengan kebutuhan dan yang dikehendaki.

Untuk disk quota boleh membatasi alokasi ruang disk (block quota) atau berdasarkan jumlah file yang dapat di buat (inode quota) atau mungkin kombinasi keduanya. Pembatasan ini dibagi atas dua kategori, yaitu:

Hard limit tidak boleh dilewati. Setelah seorang user mencapai hard limitnya, dia tidak akan mendapatkan tambahan alokasi baru pada file sistem tersebut.

Soft limit dapat dilewati tapi hanya selama waktu yang telah ditetapkan. Periode ini dikenal dengan sebutan grace period, yang harga defaultnya adalah tujuh hari. Jika seorang user tetap mempertahankan kelebihan quota di batas soft limit lebih lama dari grace period yang dimilikinya, maka soft limit ini akan berubah menjadi hard limit.

Pada Materi ini membahas tentang mengidentifikasikan jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan dengan Linux Red hat 9.0 dan dari client menggunakan linux atau windows baik dari sisi akses data, pembagian kegunaan atau pembagian pakai, keamanan dan kenyamanan data untuk di akses,dll..



Download dokumen : Download Dokumen (.doc)Download Dokumen (.pdf)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda berikan kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini.
Karena setiap satu kata Anda berkomentar sangat berarti untuk kemajuan blog dan komunitas kami. :)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More